Pembicaraan yang menarik tentang FOSS di mailing list id-ubuntu, membuat saya berpikir dan melihat kembali ke lingkungan kerja saya. Apakah saya sudah benar2 Free dari propietary software???

Sehari-hari saya menggunakan notebook lenovo y400 dual boot, untuk bekerja saya gunakan Ubuntu 7.04 Feisty Fawn. Saya sangat happy dengan system ini, kinerja notebook begitu responsive dengan OS ini. Setiap kali boot dan masuk ke wilayah X saya disambut logo graphic adapter nvidia. Ada 2 buah login name yang tertera di gdm, nama saya sendiri dan username oracle.

Saya gunakan Window manager metacity karena beryl kadang ngaco gui java ireport, kayaknya bug spesifix driver nvidia deh… Seingat saya ada work arroundnya tapi nggak sempat aja ngoprek2…

Rutinitas saya sampai di kantor, ngopi sambil nyempetin buka www.detik.com, biar saya nggak ketinggalan berita 😉 . Situs yang dihiasi begitu banyak iklan ini saya jelajahi tidak lebih dari 10 menit.

Selanjut saya check email di client evolution, ada email laporan bitdefender di fileserver… Katanya dia up-to-date, ada juga laporan tentang hasil deb-mirror repo etch dan feisty… Kemudian ada beberapa email hahahihi format wmv dari temen kuliah.

Eh… Ada fax dari penarawan dari ISP baru… Saya setup hylafax dan incomming fax secara manual di forward oleh reception ke penerima dalam format pdf… Fax ini saya buka pake acrobat reader… Gile bener mahal banget penawaran mereka untuk bandwidth 512kbps.

Kalau agak santai saya biasa nyalain gaim dan skype, sengaja tidak auto start biar tidak mengganggu konsentrasi :p , sayang skype under linux belum support webcam.

Saya kemudian biasa check kesehatan server2 di remote office dengan aplikasi favorite, zenoss. Aplikasi ini tidak hanya memonitor server2 di jakarta maupun luar jakarta, juga masing2 Virtual Machine yang saya host di VMWare server. VM ini diakses client melalui RDP.

Karena semua oke saya kemudian ngecheck email milis id-ubuntu, saya punya 2 acc gmail yang selalu saya akses dari browser, 2gb gitu loh. Satu saya chek di firefox, pakai tab sebelah zenoss, sementara gmail yang lain saya akses pake opera.

Oke setelah itu back to work!!! Saya harus meeting sama atasan soal assesment server salatiga dan belanja hardware saya di Quartal ke 3 ini. Data saya compile dengan openoffice spreadsheet. Walaupun terinstall cxoffice pro saya tetap selalu usahakan pakai OOo…

Itulah sekilas kegiatan saya… Tidak 100% tepat tapi sekedar ilustrasi bahwa saya comfortable dengan performance dan app FOSS di linux tetapi saya tidak sepenuhnya bebas dari software closed source.