Sudah seminggu ini saya sedang mencari sebuah notebook. Ada beberapa syarat yang saya patok

  1. No OS -> karena notebook tersebut akan saya pakai sendiri. ada perasaan sayang kalo mesti beli sebuah OS dan ujung2 nya nggak saya pakai.

  2. Konektifitas Wifi dan Bluetooth -> haree gini.

  3. Prefer yang agak kecil.

  4. Keren juga kalo ada kameranya.

  5. RAM minimum 1GB

Minggu lalu akhirnya saya putuskan membeli IBM T42p. Ya. ya. ya. syarat nomor 3 jelas tidak terpenuhi. malah justru ukurannya yang 15 inch agak penuh di tas saya. tapi resolusinya itu loh. Gedhe!!! 1600 x 1200.

Terakhir kali saya punya workstation ber-resolusi seperti ini adalah desktop di rumah yang pake monitor Phillips 21 inch.

Workstation

Hmmm jadi inget gotongan monitor ini ama Yulian. 😛

Anyway. Sekarang resolusi segedhe itu bisa saya lipat dan dibawa2.

T42p

Sama seperti desktop terdahulu notebook ini juga memiliki memory VGA sebesar 128. bedanya IBM T42p saya menggunakan VGA ATI MOBILITY FIRE GL T2/T2e. Terus terang semua peripheral dikenali out of the box oleh Hardy Heron. hanya saja instalasi driver ATI perlu sedikit perhatian. untuk itu saya menginstall driver proprietary Catalyst 8.7 dari situs ATI. Instalasi tinggal mengikuti howto berikut :

http://wiki.cchtml.com/index.php?title=Ubuntu_Hardy_Installation_Guide

Langsung compiznya jalan

Compiz

Setelah itu saya mulai bingung mencari “Super Key” yang biasa saya pakai untuk Expo. lha! nggak ada. yo wis. saya ganti dengan tombol “Crtl + Alt” berbarengan.

Expo

Okay. now this baby is ready for work. giliran coba2. Sekar, my baby girl, minta papanya liatin balloon. ya. udah deh. pasang wallpaper Balloon. 😀

Balloon Wallpaper