Sudah beberapa lama kantor saya di GLC Consulting menggunakan HP Laserjet m1522nf MFP, sehari2 perangkat ini terkoneksi ke network. workstation Intrepid Ibex saya sudah cukup nyaman melakukan print dan fax melalui device ini. tetapi scan selalu mengalami masalah.

Kebetulan hari ini Anwar mensetup perangkat yang sama untuk Qdc. dan menurut feed back dia device ini harus menggunakan HPLIP versi lebih tinggi dari pada standar bawaan Interpid Ibex. maka dari itu saya coba download versi terbaru yaitu versi 2.8.12 dari website HP Linux Imaging and Printing

Setelah selesai download aplikasi ini di cukup set executable dan di run

wisu@wisu-T42p:~/Desktop$ chmod 775 hplip-2.8.12.run

wisu@wisu-T42p:~/Desktop$ ./hplip-2.8.12.run

Ada peringatan jika menginstall sebagai superuser. sehingga instalasi dilakukan tanpa perintah sudo. saya cukup ikuti prosedur install sesuai dokumentasi.

Instalasi akan mendeteksi distro dan melakukan instalasi paket2 yang dibutuhkan untuk ngebuild. selesai instalasi installer bertanya apakah kita ingin restart komputer. hmm terus terang aneh bagi saya. anyway saya coba saja restart. setelah workstation saya up. ternyata scan masih belum berhasil. kali ini ada error yang menyatakan bahwa plugin belum terinstall. untuk itu saya lakukan.

wisu@wisu-T42p:~$ sudo hp-plugin

dan setelah menginstall beberapa plugin kembali saya coba scan. dan cling Scan to Ubuntu berhasil!