Setelah kemaren mencicipi Moblin Rasa Ubuntu, terus terang saya merasa ada ganjalan, terutama soal integrasi Bluetooth dengan panel. Environment pengunaan Netbook saya adalah mobile, dimana saya lebih suka menggunakan handphone Nokia N78 saya sebagai modem melalui interface bluetooth. Koneksi HSDPA melalui jaringan GSM bukanlah pilihan utama saya dalam berinternet, sehingga untuk memelihara satu nomor khusus dan sebuah modem hanya untuk interetan agak berlebihan.

Atas dasar alasan itu juga saya hendak menjual Sierra Wireless 3G HSDPA PCMCIA Modem saya. barang kumplit! dan jarang pakai. asking price 400 rb. nego sedikit lah.

(nyengir)

Media instalasi dari UNR Karmic berupa iso image dengan ukuran sekitar 690 M, berbeda dengan versi sebelumnya yang berupa img USB installer sebesar 947M. Dengan format seperti ini ada opsi untuk membakar CD atau membuat USB installer dari iso image tersebut.

Saat masuk live USB, saya melihat antar muka UNR Karmic yang berbeda dengan Jaunty. Terus terang menurut saya lebih keren!

UNR-Karmic

Sama seperti Jaunty. saya harus mengaktifkan proprietary drivers agar Wifi bisa berfungsi.

Say Cheese.

Pada bluetooth manager standar, setup koneksi ke Handphone saya cukup sederhana.

Tapi sepertinya applet Bluetooth Manager standar ini belum mendukung pengaturan dial-up melalui Bluetooth.

Oleh karena itu saya kembali kepada applet bluetooth favorite saya yaitu Blueman. instalasi cukup

$sudo apt-get install blueman

Dan seperti rilis Ubuntu sebelumnya, agar bisa menampilkan animasi Flash serta mengakses format2 proprietary lainnya saya harus

$sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Saat saya mencoba konek ke online storage saya di Ubuntu One, ternyata ada error (doh)

Install Google Chrome. dan dipin sebagai favorite.

Hmmmm. kayaknya besok saya harus bawa Netbook Remix ini ke kantor deh. untuk stress test yang sama dengan Moblin rasa Ubuntu. tapi kayaknya nggak ada konser onlen lagi ya.

(nyengir)