Nostalgia GPS receiver pertama yang saya beli. waktu itu bluetooth GPS Holux, belinya nitip @yuliandini waktu dia sekolah di Taiwan. devicenya dipakai berpasangan dengan Ipaq h2210.

Setelah beberapa hari mencari2 informasi di Internet mengenai GPS Datalogger Holux M-241 dan Hokux M-1000c akhirnya saya putuskan untuk membeli Holux M-241 seken yang ditawarkan oleh Pak Yono.

Alasan utamanya adalah LCD display. apalagi untuk sinkronisasi waktu antara datalogger dengan kamera, kebayang jika saya harus menebak2 atau paling tidak melakukan koneksi secara bluetooh hanya untuk mengetahui waktu yang terdapat di datalogger. wah bakal ribet.

Kemudian saya membaca informasi tentang firmware terbaru Holux-M241 yang menyatakan bahwa bluetooth interface dari datalogger bisa dimatikan dengan mengakses menu yang ditampilkan di LCD display. Berbeda dengan M-1000c yang bisa dimatikan melalui software saat datalogger terkoneksi dengan interface USB. lagi2 bakal ribet.

Device ini disertai software, konon menurut info hanya trial 7 hari, namun di Ubuntu Linux saya hanya perlu install gpsbabel dan gpscorrelate. Data dari device di download ke komputer melalui interface USB, dalam format gmx.

Untuk itu saya jalankan perintah..

wisu@wisu-lenovo:~$ gpsbabel -t -i m241 -f /dev/ttyUSB0 -o gpx -F track.gpx

File .gmx ini di muat ke GPSCorrelate bersama dengan foto2. sehingga hasilnya.

Kini foto yang diambil dengan kamera Olympus saya pun bisa geotagging.