Phrase yang di ucapkan oleh Arnold Schwarzenegger dalam film Terminator 2: Judgment Day. mungkin menggambarkan situasi yang sekarang dihadapi oleh Windows Vista. phrase dalam bahasa spanyol itu kurang lebih berarti Sampai jumpa atau dalam bahasa Inggris See you later..

Saya sendiri belum mencoba sampai mendalam sistem operasi ini. tetapi yang membuat saya ingin mencobanya justru karena saya lihat banyak sekali situs yang mengkritik sistem operasi ini[0].

Sampai-sampai ada buku berjudul “Windows Vista Annoyances” karangan David A. Karp[1] menggambarkan Vista sebagai Pepaya. Cantik di luar. tetapi begitu dibuka dalamnya amburadul. 😛

Begitu parahnya Vista sampai staff saya pernah meminta ijin untuk menggantikan notebook pre-installed Vista di kantor dengan Windows XP.. dan ternyata Anwar tidak sendirian. malah sampai ada situs yang mengumpulkan petisi penyelamatan Windows XP[2] yang di isi oleh 75,000 pengguna tidak rela pindah ke Vista..

Di bidang gaming. ada pernyataan di Slashdot[3] yang menyatakan bahwa compatibility banyak game lebih baik di Linux dengan Wine daripada di Windows Vista.

Akankah hal ini menjadi kesempatan bagi Desktop Linux. ataukah phrase See you later menjadi kenyataan. sekarang rame-rame ditinggalkan tetapi nanti ujung-ujungnya balik ke Vista juga..

[0] http://en.wikipedia.org/wiki/Criticism_of_Windows_Vista

[1] http://www.amazon.com/dp/0596527624/

[2] http://weblog.infoworld.com/save-xp/

[3] http://games.slashdot.org/games/08/02/02/0236200.shtml