Asik kali ya… jika konsep ini bisa berjalan di negri kita tercinta… Sebuah oleh-oleh yang muncul setelah saya iseng jalan-jalan menjelajah internet untuk cari-cari info mengenai renewable energy.

Dewasa ini renewable energy dalam skala rumah tangga sudah lazim ditemukan… baik itu menggunakan tenaga surya maupun tenaga angin, juga microhidro yang beberapa tahun lalu sering saya dengar…

Dari implementasi tenaga angin perkotaan di Inggris… Konsep yang menarik perhatian saya adalah kenyataan bahwa beberapa perusahaan listrik swasta mau membeli kelebihan energi yang dihasilkan oleh rumah tangga yang memiliki fasilitas pembangkit listrik mini…

Npower Juice misalnya, menyatakan… “Jika sesorang memproduksi energi, ada kemungkinan menghasilkan energi lebih dari yang dibutuhkan. Agar kelebihan daya listrik ini tidak terbuang, pemilik bisa menjualnya kembali”

When you generate your own energy, you may produce more than you need (for example, during certain times of the day when the sun is very strong). To ensure any excess electricity isn’t wasted, you can arrange to sell it back.

EDF Energy juga menyatakan hal serupa…

Choose Microgeneration and you could reduce your energy bills by generating clean free energy for your home and selling electricity back to us through an EDF Energy Power Purchase Agreement.

Juga Good Energy ltd menyatakan bahwa mereka akan membeli seharga 4.5p setiap unit listrik yang dihasilkan…

Good Energy pays Offgrid Generators 4.5p for every unit of electricity they generate – even though they use it all themselves.

Pembelian energi serupa juga dilakukan oleh Ecotricity ltd. dan Green Energy UK plc

Di Inggris perusahaan listrik sudah bersaing membeli listrik dari rumah tangga yang memiliki fasilitas pembangkit mini… sangat kontras dengan disini… dimana persaingannya adalah jatah pemadaman listrik…

Hayo… Pernyataan mana yang lebih menarik…

a. Kapan nih jatah mati lampu?

b. Eh.. listrik kita laku berapa?