Berawal dari pemberitaan di RSS feed tentang sang pakar telematik yang mencari sensasi dengan video clip Dewa dalam lagu Wanita Paling Cantik Di Negeriku Indonesia. Saya pun ingin tahu seperti apa video clip tersebut, dan saya mencoba mencarinya di google dan sampai di youtube. terus terang saya gagal menemukan clip yang di maksud. tetapi ada hal lain yang menggelitik saya soal lagu ini. coba anda mainkan clip berikut.

Mirip ya?

Jadi inget kejadian saat Mick Jagger mengarang lagu Constant Craving. Seingat saya Mick menyatakan bahwa banyak hal yang mempengaruhi kreatifitas seseorang, dan tanpa menyadarinya saat dia mengarang lagu tersebut dia terpengaruh lagu KD. Lang. akhirnya nama KD. Lang pun dicantumkan sebagai salah satu pengarang lagu tersebut.

Sama halnya dengan development software. saya pernah berdiskusi dalam milis Ubuntu-ID soal source code .NET yang di buka ke umum. ada tanggapan dari Harry Sufehmi yang menyatakan potensi tainted programmer yang join ke dalam proyek Opensource dan terpengaruh kode .NET yang ujung-ujungnya bisa menjadi legal issue pada masa mendatang.

Juga soal posting Ryo Saeba mengenai Logo Fair Employment Sigapura yang mirip banget ama logo Ubuntu.

Terlepas dari aturan penggunaan sebuah karya. Maksud yang ingin saya sampaikan adalah bahwa Kreatifitas merupakan hal yang sulit. Dan kalo pun kita melakukan hal yang manusiawi dengan tanpa sengaja meniru pekerjaan orang lain. apa tindakan kita? Mentang-mentang menolak atau berbesar hati dan mengakuinya.