Dalam beberapa minggu ini notebook saya terasa panas, terutama saat bekerja keras mengakses aplikasi2 berbasis Java yang tergolong rakus resource processor. Atas dasar kekhawatiran overheating, saya lakukan sedikit maintenance terhadap Kipas Processornya. Sekilas besar kemungkinan hal ini akibat saluran buangnya kipas ini tertutup oleh kotoran. Perkakas yang dibutuhkan untuk melakukan tugas ini hanyalah satu set obeng kecil, atau yang lazim disebut sebagai obeng kacamata.

PERINGATAN: Aktifitas ini berpotensi merusak segel warranty yang terdapat di notebook anda. sebaiknya anda periksa terlebih dahulu garansi notebook anda sebelum melakukan hal ini.

Kelebihan yang dimiliki notebook saya adalah bahwa cover kipas processor mudah diakses, sepertinya banyak notebook yang menganut desain serupa.

Kemudian, housing kipas processor sendiri diikat oleh 4 buah mur seukuran mur di kacamata, teorinya dalam membuka housing seperti ini adalah berurutan sesuai mur yang bersilangan.

Dan saat terbuka, dugaan saya tepat. yaitu kotoran yang menumpuk di saluran buang kipas pendingin processor.

Tips : Bongkar harusnya lebih lama daripada Pasang. sebab dalam tahap pembongkaran anda harus teliti dalam mempelajari tata letak masing2 komponen.

Okay. sebuah tugas ringan yang hanya butuh 5 menit. tetapi sangat berpengaruh terhadap produktifitas saya. 🙂