Data photo yang ada di notebook saya, bagi kami sekeluarga sangat berharga. senang banget bisa melihat photo – photo tumbuh kembang anak – anak dari kecil hingga sekarang. insyaAllah hingga mereka dewasa nanti. Saat ini total data photo yang tersimpan di notebook sebesar 29Gb. terkumpul dari berbagai jepretan.. dalam rentang waktu hampir 13 tahun. dan ter-backup dengan baik.

Sekilas data file digital photo paling tua adalah hasil jepretan kamera digital Sony Mavica ber-Floppy Disk jadul yang diambil saat masih bekerja di Batam. Menurut file info, photo ini created Thursday, March 9, 2000 2:06 PM. memang ada beberapa hasil scan dari poto hitam putih kedua orang tua saya saat mereka belum menikah.. namun saya anggap sebagai kategori berbeda karena berupa hard copy yang tersimpan di album dimana kemudian diubah menjadi format digital.

Padahal saya pribadi sudah hilang hitungan berapa kali ganti notebook dan PC dalam kurun waktu 12 tahun ini. mulai dari notebook yang saya pakai untuk bekerja di dua perusahaan sebelumnya. IBM Thinkpad Bento segedhe gaban yang akhirnya rusak kena pipis Bagus saat masih Batita. PC rakitan yang saya pakai saat masih ngontrak di Tebet. notebook pribadi IBM Thinkpad T40p dengan resolusi LCD hingga 1600 x 1200 pixel.. Kemudian beberapa notebook kantor yang saya pakai sebelum ini.

Diantara beberapa perangkat komputer ini. seperti kebanyakan orang saya juga pernah mengalami kerusakan hardisk. bahkan hingga seluruh data tidak bisa terbaca dan harus ganti hardisk. Syukur alhamdulillah saya cukup disiplin melakukan backup terhadap data pekerjaan juga backup terhadap data pribadi saya.

Kejadian paling akhir adalah awal tahun lalu saat hardisk Lenovo saya crash dan tidak bisa diakses. Walau demikian tidak ada data pribadi yang hilang bahkan sebuah project yang sedang aktif yaitu development dari Custom GPS Application Kersen Informatika untuk client sebuah perusahaan logistik nasional berhasil saya selesaikan tepat waktu. hal ini berkat backup rutin dari notebook Lenovo ini.

Dari pengalaman pribadi saya. backup data adalah hal yang sangat penting. namun sayang sering kali orang tidak melakukan backup. dalam sebuah perusahaan atau enterprise Data Backup biasanya sudah menjadi kewajiban. bahkan sering kali Data Backup merupakan KPI atau Key Performance Indicator dari bagian IT sehingga backup dari data perusahaan dilakukan dengan cukup disiplin. namun untuk orang pribadi. tidak adanya dorongan dari luar membuat seseorang lalai melakukan backup terhadap data pribadinya. Perlu diingat kejadian hilangnya data baik akibat hardisk rusak atau kejadian luar biasa lainnya bisa terjadi kapanpun. tanpa peringatan terlebih dahulu.

Backup may not seem urgent. but backup is highly important.