iPhone 5Awal kejadian ini hari Senin saat teman sekantor nyamperin dan minta saran soal iPhone 5 yang dia temukannya. Teman bercerita pada weekend sebelumnya, dia dan anak perempuannya, sedang mengendarai angkot di daerah Bogor. Tiba – tiba anaknya melihat sesuatu yang tidak seharusnya berada di bangku Angkot, telisik lebih lanjut ternyata barang tersebut adalah sebuah iPhone 5.

Selesai makan siang iPhone ini ditunjukkan ke saya, kondisi fisik iPhone 5 ini cukup bagus, kalo estimasi penjual di Kaskus 90% an lah… 😉 Karena kondisi battery drained kami perlu charge agar bisa explore lebih lanjut isi ponsel pintar ini. Beruntung perangkat ini tidak di pass code sehingga seseorang bisa masuk ke dalam dan lihat lebih detail isinya.. tentunya dengan niatan mencari tahu pemilik aslinya..

SIM card ponsel ini kami ketahui dalam kondisi locked, lalu saya coba cek apakah ada akun twitter dan facebook. Yang muncul adalah profile seseorang dengan background logo PKS, untuk sementara kami simpulkan bahwa orang ini adalah pemilik ponsel pintar tersebut..

Namun teman saya tidak sreg dengan hanya mengetahui akun twitter dan facebook, menurut dia jalur socmed kurang pass untuk mencari tahu kepemilikan iPhone 5 ini.. Hari berikutnya kami coba lihat contact listnya untuk cari tahu apa ada nomor kontak yang bisa dihubungi.. Disini kami catat 2 contact dengan label “Rumah” dan “Isteri Cinta” karena sudah waktu pulang kantor… teman bilang “Ntar aku coba hubungi deh…”

Alhamdulillah pagi ini saya dapat feedback dari teman, kalo ponsel pintar itu diambil oleh pemiliknya… Ternyata kedua nomor yang sempat kami catat sebelumnya tidak bisa dihubungi. Dan langkah resourceful diambil ibu 2 anak ini dengan menemukan tagihan Telkomsel di dalam inbox SMS iPhone 5 ini.

Logically jika seseorang kehilangan ponsel, langkah pertama biasanya diambail adalah blokir SIM Card, maka nomor itu akan kembali aktif di ponsel lain…

Dengan demikian nomor yang muncul di tagihan Telkomsel ini bisa dipastikan adalah nomor pemilik ponsel ini dan seharusnya aktif di ponsel lain.. Jempol deh cara berfikir ibu ini…!

Keputusan menghubungi pemilik dan mengembalikannya ke pemilik yang hak.. adalah sesuatu yang luar biasa… bravo mbak @SjanDev

Jika anda menemukan iPhone, apa yang anda lakukan?