Kali ini merupakan pengalaman kedua menjadi mentor sekaligus juri Hackathon tahun lalu. Sebelumnya internal hackathon, kali ini Hackathon diadakan oleh BRI yang menggandeng Google Cloud Indoneisa untuk memberikan support teknologi, cloud infrastructure serta mentorship.

Tema hackathon kali ini adalah seputar bagaiamana BRI bisa mendorong digitalisasi UKM. Eventnya sendiri diadakan serentak di 3 lokasi yaitu Jakarta, Surabaya dan Bandung. BRI sebelumnya sudah publish API yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi. API ini dibangun dengan teknologi API Management Google Cloud, Apigee..

Sebagai mentor saya bertemu dengan semua peserta yang ikut serta event di Jakarta. Peserta beragam dari mahasiswa hingga professional yang ingin membangun startup sebagai usaha sampingan. Menurut saya teknologi yang benar2 standout, ditunjukkan oleh peserta dari ITB, yang mengusung NLP.

Dalam Hackathon seperti ini teknologi yang sifatnya wow tidak cukup untuk memenangkan lomba. Presentasi produk yang dikembangkan dalam waktu 24 jam, menjadi filter pertama sebelum peserta bisa masuk babak selanjutnya. Kemudian kesesuaian dengan tema dan impact yang bisa didapatkan saya lihat menjadi pertimbangan utama juri2 selanjutnya..

Akhir kata, selamat kepada pemenang.. Jangan berhenti disini, terus kembangkan produk anda!