Hari ini tepat 22 tahun Google Anniversary.. Bahkan Google Doodle edisi ulang tahun Google ke-22, tampak sebuah animasi GIF logo Google tengah merayakan ulang tahun. Terdapat kado, kue ulang tahun, dan beberapa orang ikut merayakan. Meski perayaan tersebut terlihat diselenggarakan secara virtual.

Google Doodle 22th

Tiba - tiba teringat pada tulisan saya 13 tahun yang lalu tentang ulang tahun Google yang ke 9, dimana saya mengulas soal hardware server yang pertama kali digunakan dan kekaguman saya tentang scalabilitas Google pada tahun 2005 dengan 450.000 server.

Tahun berikutnya Google mulai masuk ke bisnis cloud computing dengan mengumumkan App Engine, sebuah Platform as a Service untuk mengembangkan dan menghosting aplikasi web di datacenter yang dikelola Google, sebagai layanan komputasi awan pertama dari Google. Layanan ini kemudian tersedia secara umum pada November 2011. Sejak pengumuman App Engine, Google telah menambahkan berbagai layanan ke cloud platform, kini lebih dari 90 layanan mulai dari virtual machine sepert Compute Engine hingga Smart Analytics dan Machine Learning.

13 tahun berselang dari tulisan itu, alhamdulillah saya bangga menjadi bagian dari Google Cloud di Indonesia.

Google Cloud Cake

Dengan hadirnya Google Cloud region Indonesia, kini kesempatan semakin terbuka bagi berbagai organisasi di Indonesia untuk menyelesaikan masalah dan berinovasi dengan menggunakan teknologi cloud yang sudah teruji.

Team Google Cloud di Indonesia, bisa membantu anda dalam usaha ini.