Dalam blog post ini saya akan bagikan cara bagaimana saya menyelamatkan dana yang sudah dibobolan dari kartu kredit.

Pertengahan bulan Juni saya mendapat notifikasi via email tentang adanya beberapa transaksi tidak saya kenal dibebankan pada kartu kredit.

Ehh.. sambil nulis blog post ini jadi inget, sudah lebih dari dua bulan, kartu kredit tersebut belum saya buka blokirannya…

Disini pentingnya mengaktifkan notifikasi atas transaksi kartu kredit anda, fasilitas ini yang menjadi alert kepada saya bahwa sesuatu yang ganjil sedang terjadi.

Saya tidak akan bahas detail soal keamanan dari kartu kredit. Tetapi hal utama yang perlu diingat, dalam kondisi pembobolan kartu kredit seperti ini sebenarnya dana anda belum hilang. Sangat jauh berbeda jika yang dibobol adalah kartu debit, uang anda sudah hilang dan saya yakin proses complain juga akan sangat sulit.

Berikut langkah - langkah saya setelah tahu terjadi transaksi

  1. Segera kontak call center untuk blokir kartu kredit.
  2. Laporkan juga adanya transaksi yang mencurigakan.
  3. Mintalah form complain, setiap Bank akan memiliki form untuk pengajuan keberatan atas transaksi kartu kredit. Namun pengajuannya harus melampirkan detail tagihan, disini saya harus sabar mengunggu tagihan tercetak untuk bisa mengisi dan ajukan complain atas transaksi.
  4. Ajukan complain melalui media yang mudah anda simpan catatannya, dalam hal ini saya complain via email.
  5. Bayar minimum tagihan kartu kredit, agar anda tidak terkena penalty.
  6. Setelah beberapa hari saya hubungi call center untuk memastikan status complain.
  7. Akhirnya hari ini tagihan kartu kredit saya mengindikasikan permohonan complain saya diterima.

Sebenarnya transaksi kartu kredit sangat praktis, bagi saya merupakan cara pembayaran yang paling sering saya pakai jika bepergian di luar negri. Untuk pembelanjaan online di merchant - merchant diluar negri, saya juga sering pakai kartu kredit. Atas kejadian seperti ini, anda tidak perlu kuatir, karena uang anda belum hilang. Namun segera ambil tindakan.

Semoga membantu…